PERANGKAT PEMBELAJARAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
........................
Kelas/Semester : VII/1
Nama Guru :
...........................
NIP/NIK :
...........................
Sekolah :
...........................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama sekolah : ......................
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII (Tujuh) / 1
Standar Kompetensi
: 1. Memahami makna dalam
percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar : 1.1 Merespon
makna dalam percakapan transaksional (to get things done dan interpersonal (bersosialisasi) yang
menggunakan ragam bahasa lisan sangat
sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: menyapa orang yang
belum/sudah dikenal, memperkenal-kan diri sendiri/orang lain, dan memerintah
atau melarang
Jenis teks : Transactional / Interpersonal
Tema
: Personal Life
Aspek/Skill : Mendengarkan
Alokasi Waktu :
2 x 40 menit
1. Tujuan
Pembelajaran
Pada akhir
pembelajaran, siswa dapat:
a.
Menjawab
pertanyaan berdasarkan suatu percakapan secara berani ( courage )
b.
Melengkapi
keterangan pada gambar
c.
Merespon
pertanyaan
d.
Merespon
instruksi
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
2. Materi
Pembelajaran
a.
Communication
Practice (halaman 3, 4, 13, 14, 25, 51)
·
Rekaman
dan script dialog
·
Rekaman
percakapan, gambar dan pilihan jawaban
b.
Recalling
Vocabulary ( halaman 2)
·
Rekaman
dan gambar
c.
Grammar
Practice (halaman 8, 16)
·
Penjelasan
dan latihan
3. Metode
Pembelajaran: three-phase technique
4. Langkah-langkah
Kegiatan
a.
Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
·
Tanya jawab tentang gambar
·
Tanya jawab melibatkan berbagai ungkapan sapaan
Motivasi :
·
Menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut
kompetensi yang harus dikuasi siswa
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melibatkan peserta didik mencari
informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari
dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka
sumber;
F Menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F Memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F Melibatkan peserta didik secara
aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F Memfasilitasi peserta didik
melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membiasakan peserta didik membaca
dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna secara
tekun
F Memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis;
F Memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F Memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F Memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik
melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F Memfasilitasi peserta didik
melakukan kegiatan yang menumbuhkan
kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik dengan bertanggung Jawab
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Memberikan umpan balik positif
dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik,
F Memberikan konfirmasi terhadap
hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F Memfasilitasi peserta didik
melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F Memfasilitasi peserta didik untuk
memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø Berfungsi sebagai narasumber dan
fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan,
dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø Membantu menyelesaikan masalah;
Ø Memberi acuan agar peserta didik
dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø Memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø Memberikan motivasi kepada
peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
c. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik
dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan
terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak
lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling
dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan
hasil belajar peserta didik;
F menyampaikan rencana pembelajaran
pada pertemuan berikutnya.
5. Sumber
belajar
a. Buku teks yang relevan
: Kaset/CD
b. Narasumber, Kaset/CD
c. Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
d. Gambar-gambar yang
relevan
6. Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
Merespon Ungkapan-ungkapan :
- sapaan orang yang sudah / belum dikenal
- Perkenalan
diri sendiri / orang lain
-Perintah / larangan
|
Merespon
ungkapan / pertanyaan secara lisan dan tertulis
|
- Pertanyaan
lisan
|
1. Listen
to the expression and give response orally
1. Good morning. How are you ?
………………………………..
2. Hi, I ‘m Reno and you are ?
………………………………..
3. Are you Anisa ?
…………………………
4. Hello, it’s nice to meet you
…………………………..
5. Who is that girl
……………………….
II. Listen
to the expression and choose the best responses,
A, B, C, or D
1. A.
: Hello, how are /
B
: ……….
a. Yes,
it is c. Thank you
b. I ‘
Renny d. Don’t worry
2. A
: Is that your sister, Anna ?
B
: ………….
a. Yes,
it is
b. I
don’t know
c. No, she is not here
d. Very well thanks
3. A
: Budi, this is my friend, Susan
B
: Hi, Susan…….
a. Fine, thank
c. Nice to see you
b. It ‘s OK
d. I ‘m alright
|
a.
Rubrik Penilaian
No.
|
Uraian
|
Skor
|
1.
|
Isi benar, tata bahasa
benar
Isi benar, tata bahasa
kurang tepat
Isi dan tata bahasa
kurang tepat
Tidak menjawab
|
3
2
1
0
|
II.
|
Setiap jawaban yang benar
Setiap jawaban yang salah / tidak dijawab
|
2
0
|
b. Kunci Jawaban. : Terlampir
c Pedoman Penilaian.
1.Untuk No. 1 tiap jawaban
benar skor 3
2.Untuk No. II, tiap
jawaban benar diberi skor 2
3.Jumlah skor maksimal I 5
x 3 = 18
i.
II 5 x 2 = 10
ii.
Jumlah 25
4.Nilai maksimal 10
Skor
Perolehan
5.Nilai Siswa = X 10
Skor Maksimal
d. Nilai akhir
Mengetahui;
Kepala
Sekolah ....................
( ....................................................... )
NIP
/NIK :
.....................................
|
........., ....................20.....
Guru Mapel Bahasa Inggris,
( .............................................. )
NIP
/NIK : ..............................
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama sekolah : ..........................
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester
: VII (Tujuh) / 1
Standar Kompetensi : 1. Memahami makna dalam percakapan transaksional
dan interpersonal sangat
sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar : 1.2 Merespon makna dalam percakapan transaksional
(to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan
sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi
informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapkan kesantunan
Jenis teks : Transactional / Interpersonal
Tema : Introductory Chapter dan Family Life
Aspek/Skill : Mendengarkan
Alokasi Waktu :
2 x 40 menit
1. Tujuan
Pembelajaran
Pada akhir
pembelajaran, siswa dapat:
a. Membuat kalimat berdasarkan rekaman dan
gambar
b. Merespon pertanyaan berdasarkan percakapan
c. Mengulangi pelafalan kata, abjad, dan
akhiran –s berdasarkan rekaman
d. Merespon pertanyaan untuk melengkapi dialog
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
2. Materi
Pembelajaran
a.
Grammar
Practice (halaman 10, 44, 45 )
·
Penjelasan
dan latihan
b.
Communication
Practice (halaman 5, 6, 7, 23, 39, 40, 41, 42, 51, 61, 62)
·
Gambar,
pertanyaan dan pilihan jawaban tentang kota-kota
·
Gambar
dan nama alat-alat musik
·
Gambar
denah tempat dan nama alat-alat musik
·
Rekaman
percakapan
·
Rekaman
nama-nama orang (first name dan surname)
·
Rekaman,
gambar dan pertanyaan tentang keluarga dan tempat tinggalnya
·
Rekaman
pengucapan waktu
·
Rekaman
percakapan dan isian
·
Rekaman
nama-nama hadiah ulang tahun
c.
Pronunciation
(halaman 10, 19, 47, 67)
·
Rekaman
penekanan ucapan pada suku kata dan script kata
·
Rekaman
pengucapan Mr, Mrs, dan Miss
·
Rekaman pengucapan abjad
·
Rekaman pengucapan akhiran -s
d. Developing Oral Skills (halaman 20, 68)
·
Rekaman
dan daftar pertanyaan Susan
·
Rekaman,
gambar, dan latihan tentang birthday
presents
e. Recalling Vocabulary ( 50, 60)
·
Rekaman
dan soal bergambar tentang angka
·
Rekaman
pengucapan nama-nama bulan
3. Metode
Pembelajaran: three-phase
technique
4. Langkah-langkah
Kegiatan
a.
Kegiatan
Pendahuluan
Apersepsi :
·
Tanya jawab mengenai nama-nama benda yang ada di ruang
kelas
·
Tanya jawab mengenai waktu (pengucapan jam)
·
Tanya jawab mengenai alamat tempat tinggal siswa.
Motivasi :
·
memberi informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan
mengungkapkan kesantunan
b.
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melibatkan peserta didik mencari
informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari
dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka
sumber;
F Menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F Memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F Melibatkan peserta didik secara
aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F Memfasilitasi peserta didik
melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membiasakan peserta didik membaca
dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F Memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis;
F Memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F Memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F Memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik
melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F Memfasilitasi peserta didik
melakukan kegiatan yang menumbuhkan
kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Memberikan umpan balik positif
dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik,
F Memberikan konfirmasi terhadap
hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F Memfasilitasi peserta didik
melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F Memfasilitasi peserta didik untuk
memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
F Berfungsi sebagai narasumber dan
fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan,
dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
F Membantu menyelesaikan masalah;
F Memberi acuan agar peserta didik
dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
F Memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
F Memberikan motivasi kepada
peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi,
program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas
individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
5. Sumber
belajar
a. Buku teks yang relevan
: Kaset/CD .
b. Narasumber, Kaset/CD .
c. Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
d. Gambar-gambar yang
relevan
6. Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
Merespon ungkapan-ungkapan :
Ø Meminta dan memberi informasi
Ø Ungkapan terima kasih
Ø Permintaan maaf
Ø Kesantunan
|
1. Tes lisan
2. Tes tulis
|
1.Merespon pertanyaan /
ungkapan lisan
2.Menjawab pertanyaan lisan
secara tertulis
|
Ø Listen to the questions / expression and give
your answer / response orally.
a. A: How many persons are
in the
conversation?
B:
............
b. A: thank you so much.
B:
............
2 Listen to the questions / expressions and write
your answer / response.
a. A :
What’s that ?
B : .........
b. A:
Sorry I’m Late.
B: .........
c. A :
Come in, please !
B : ...
d. A : You are so kind.
Thank you
B : ...
Ø Listen
to the recording (listening on page 61) and fill in the blanks.
Susan asks John whether he
wants to _______ to her ______’s party. The party is on _______.
John asks Susan whether her brother likes
______. Susan says that he ________ them. John says that he wants to
buy him a ______. Then, John asks Susan about the_____ of the party. Susan
______ know about it. Then, Susan asks John about his ________ John answers
that it’s in _______.
|
a.Pedoman
Penilaian
1. Untuk tiap nomor, tiap jawaban
benar skor 1
2. Jumlah skor maksimal 1 x 10 =
10
3. Nilai maksimal = 10
4. Nilai Siswa =
b. Rubrik Penilaian
Mengetahui;
Kepala
Sekolah ....................
( ....................................................... )
NIP
/NIK : ..............................
|
........., ............................20.....
Guru Mapel Bahasa Inggris,
( .............................................. )
NIP
/NIK : ..............................
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama sekolah
: ..........................
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII (Tujuh) / 1
Standar Kompetensi : 2. Memahami makna dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana
untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar
: 2.1 Merespon
makna tindak tutur yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Jenis teks : teks lisan fungsional
Tema : Introductory Chapter danFamily Life
Aspek/Skill : Mendengarkan
Alokasi Waktu :
2 x 40 menit
1. Tujuan
Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran,
siswa dapat:
a. Mengidentifikasi nama-nama benda dan warna
b.Menunjukkan letak tempat berdasarkan rekaman
c. Menyanyikan lagu
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
2. Materi
Pembelajaran
a.
Recalling
Vocabulary (halaman 22, 30)
·
Teka-teki
silang, gambar warna dan pilihan jawaban
·
Rekaman
dan pertanyaan tentang cara pengucapan waktu
b.
Grammar Practice (halaman 18, 19, 57)
·
Penjelasan,
gambar dan latihan soal
c.
Communication Practice (halaman 12, 15, 24, )
·
Rekaman,
gambar dan isian tempat-tempat umum
·
Rekaman, gambar dan isian tentang nama-nama orang, profesinya, dan di mana
keberadaannya sekarang
·
Gambar benda-benda berwarna dan isian
a. Record Your Voice (halaman 11, 21)
·
Rekaman
dan script lagu“What’s Your Name?” dan
“Good Morning,”
3. Metode
Pembelajaran: three-phase
technique
4. Langkah-langkah
Kegiatan
a. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
·
Tanya jawab tentang warna
·
Tanya jawab tentang nma tempat-tempat umum
Motivasi :
·
Menuliskan
teks
lisan fungsional pendek sangat
sederhana secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
b. Kegiatan
Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melibatkan peserta didik mencari
informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari
dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka
sumber;
F Menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F Memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F Melibatkan peserta didik secara
aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F Memfasilitasi peserta didik melakukan
percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
§
Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui
tugas-tugas tertentu yang bermakna;
§
Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain
untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
§
Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan
bertindak tanpa rasa takut;
§
Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
§
Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan
prestasi belajar;
§
Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik
lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§
Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun
kelompok;
§
Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta
produk yang dihasilkan;
§
Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri
peserta didik.
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F Memberikan umpan balik positif
dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik,
F Memberikan konfirmasi terhadap
hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F Memfasilitasi peserta didik
melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F Memfasilitasi peserta didik untuk
memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
F Berfungsi sebagai narasumber dan
fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan,
dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
F Membantu menyelesaikan masalah;
F Memberi acuan agar peserta didik
dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
F Memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
F Memberikan motivasi kepada
peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi,
program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas
individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F
menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
5. Sumber
belajar
a.
Buku teks yang relevan:
Kaset/CD .
b.
Narasumber, Kaset/CD .
c.
Script percakapan dan/atau
rekaman monoog dan lagu
d.
Gambar-gambar yang relevan
6. Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
1. menentukan makna
dalam teks lisan fungsional pendek berupa:
- Instruksi
- Daftar benda / barang
(Shoping list )
- Ucapan selamat
- Pengumuman
2. Mengidentifikasi
tujuan teks fungsional
3. Mengidentifikasi
bentuk teks fungsional
|
1.Tes tulis
2.Tes Lisan
|
Pilihan ganda
Jawaban Singkat
|
Listen
to your teacher and answer the questions orally.
Script:
o
What time is it? (11.25; 4.30; 1.20
05.05)
o
Can you show me ………. (teacher 4 school
things and their colours and the students point to those things)
o
Refer to the recording on page 12, tell
me about two places in the picture (teacher copies the picture on page 12)
o
Jelaskan yang terdapat dalam rekaman
o
Jelaskan keterangan dalam gambar
berdasarkan
gambar
|
þ
Pedoman
Penilaian
1. Untuk tiap nomor, tiap jawaban
benar skor 1
2. Jumlah skor maksimal 1 x 10 =
10
3. Nilai maksimal = 10
4. Nilai Siswa =
Mengetahui;
Kepala
Sekolah ....................
( ....................................................... )
NIP
/NIK : ..............................
|
........., ....................20.....
Guru Mapel Bahasa Inggris,
( .............................................. )
NIP
/NIK : ..............................
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
sekolah : ..........................
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/Semester :
VII (Tujuh) / 1
Standar Kompetensi : 2. Memahami makna dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana
untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat
Kompetensi Dasar
: 2.2 Merespon
makna gagasan yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Jenis teks : Transactional / Interpersonal
Tema : Introductory Chapter dan Family Life
Aspek/Skill : Mendengarkan
Alokasi Waktu :
2 x 40 menit
1. Tujuan
Pembelajaran
Pada akhir
pembelajaran, siswa dapat:
a.
Menentukan
keterangan dalam gambar berdasarkan deskrBAHASA INGGRISi dalam rekaman
b.
Mencocokkan
gambar dan keterangan yang sesuai
c.
Melengkapi
paragraf rumpang berdasarkan keterangan dalam rekaman
d.
Mengidentifikasi
dan melengkapi kalimat dalam Simple Present Tense
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
2. Materi
Pembelajaran
a.
Developing
Oral Skills (halaman 48, 58)
·
Rekaman dan gambar penjelasan kegiatan sehari-hari
·
Rekaman dan gambar penjelasan tentang keluarga Bob
b.
Communication
Practice (halaman 52, 53)
· Rekaman dan gambar tentang keluarga Brad
· Rekaman dan gambar tentang hubungan
kekerabatan
c.
Grammar
Practice (halaman 45)
·
Penjelasan
dan latihan
3. Metode
Pembelajaran:
þ
three-phase
technique
4. Langkah-langkah
Kegiatan
a.
Kegiatan
Pendahuluan
Apersepsi :
·
Tanya jawab mengenai kegiatan sehari-hari siswa
·
Tanya jawab mengenai keluarga dan kerabat siswa.
Motivasi :
·
menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi
siswa
b.
Kegiatan
Inti
·
Mendengarkan dan memahami rekaman penjelasan kegiatan
sehari-hari dengan dibantu gambar
·
Menuliskan waktu dan jenis kegiatan pada titik-titik di
bawah gambar
·
Mendengarkan dan memahami rekaman penjelasan tentang
keluarga Bob dengan dibantu gambar
·
Mendengarkan dan memahami rekaman penjelasan tentang
hubungan kekerabatan berdasarkan gambar
·
Menunjuk satu persatu tokoh yang sedang berbicara dengan
memperhatikan gambar dan mendengarkan isi pembicaraannya
·
Membahas kosakata yang ada dalam rekaman-rekaman dan teks
tersebut
·
Mendengarkan penjelasan guru tentang penggunaan Simple
Present Tense
c.
Kegiatan
Penutup
·
Menanyakan kesulitan siswa selama PBM.
·
Menyimpulkan materi pembelajaran.
5. Sumber
belajar
a. Buku teks yang relevan
: Kaset/CD .
b. Narasumber, Kaset/CD .
c. Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
d. Gambar-gambar yang
relevan
6. Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
1. Mengidentifikasi makna gagasan dalam teks
lisan fungsional pendek berupa:
-
Instruksi
-
Shopping list
-
Greeting card
-
Announcement
2. Mengidentifikasi makna interpersonal teks lisan
fungsional pendek
3.Mengidentifikasi makna tersirat dalam teks lisan
fungsional pendek
|
Tes
lisan
Tes
tulis
Unjuk
kerja
|
Daftar
pertanyaan
Game
Melengkapi
T/F
Pilihan
ganda
Menjodoh
kan
Respon
dg tindakan
|
Listen and answer the questions orally!
Listen
and mention as many shopping list items as you can remember
Listen to
the announcement and fill in the
blank
spaces
Write
down T/F for the statements below
Choose
the best answer by crossing a, b, c, or d
Match the
statements in list A and B
Listen to
the instruction and do it!
Listen
to the recording (listening on page 58 and teacher copies the pictures) and
fill in the blanks
The
man in red sweater is …… and he is a ……… He has …… sons and two………….. His family has a……
and a …… The woman in the picture is ……… She is Mrs Prescot’s ……… She is a
………. Their sons’ names are ……….. and ………….. The oldest child is ……… She is
………. Years old. The ………… child is
…………. and he is 11.
|
a.
Pedoman
Penilaian
1. Untuk tiap nomor, tiap jawaban
benar skor 1
2. Jumlah skor maksimal x 15 = 15
3. Nilai maksimal = 10
4. Nilai Siswa =
Mengetahui;
Kepala
Sekolah ....................
( ....................................................... )
NIP
/NIK : ..............................
|
........., ....................20.....
Guru Mapel Bahasa Inggris,
( .............................................. )
NIP
/NIK : ..............................
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama sekolah : ..........................
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester :
VII (Tujuh) / 1
Standar Kompetensi
: 3. Mengungkapkan makna dalam percakapan
transaksional dan interpersonal
sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar : 3.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi)
dengan menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar,
dan berterima
Jenis teks : transactional/interpersonal
Tema : Introductory Chapter dan Family Life
Aspek/Skill : Berbicara
Alokasi Waktu :
4 x 40 menit ( 2x pertemuan )
1. Tujuan
Pembelajaran
Pada akhir
pembelajaran, siswa dapat merespon makna dalam:
a. Tanya jawab tentang nama orang, jalan, dan
benda serta cara pengejaannya
b. Menceritakan kegiatan dalam gambar secara
lisan
c. Menjawab pertanyaan sesuai keterangan yang
tersedia
d. Menjawab pertanyaan yang sesuai dengan
keterangan dalam gambar
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
2. Materi
Pembelajaran
a.
Recalling
Vocabulary (halaman 2)
· Angka
· Game: nomor telepon
· Group work: bertukar nomor telepon
b.
Communication
Practice (halaman 6, 40, 41, 43, 62)
· Game: who are you
· Gambar dan nama-nama
alat-alat musik
· Tanya jawab tentang
pengejaan nama depan dan belakang
· Tanya jawab tentang
pengejaan nama jalan, tempat (alamat)
· Tanya jawab tentang
kegiatan sehari-hari berdasarkan gambar
· Gambar dan nama-nama
benda-benda untuk hadiah ulang tahun
c.
Grammar
Practice (halaman 8, 9, 10 )
· Penjelasan tentang I am, you are, it is,
latihan
· Penjelasan tentang pronoun I, you, dan it,
latihan
· Penjelasan tentang bentuk jawaban singkat,
latihan
· Penjelasan tentang kata ganti milik my dan
your
d.
Developing
Oral Skills (halaman 48, 58)
· Daftar pertanyaan wawancara
· Rekaman, gambar kegiatan sehari-hari
· Contoh tanya jawab dalam pair work
3. Metode
Pembelajaran: three-phase
technique
4. Langkah-langkah
Kegiatan
Pertemuan Pertama Dan Kedua :
a.Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
·
Tanya jawab tentang ulang tahun siswa
·
Tanya jawab nama-nama hadiah ulang tahun siswa
Motivasi :
·
menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi
siswa
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melibatkan peserta didik mencari
informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari
dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka
sumber;
F Menyebutkan angka-angka dalam
bahasa Inggris secara lisan secara klasikal
F Melakukan game tentang nomor
telepon dan game who are you
F Menyebutkan nama alat-alat musik
dan nama-nama benda-benda untuk hadiah ulang tahun
F Menceritakan kegiatan sehari-hari
berdasarkan gambar secara lisan
F Mendengarkan penjelasan guru
dalam grammar practice dan mengaplikasikannya secara lisan
F Melakukan wawancara secara
berpasangan dan merekamnya
F Menjelaskan gambar mengenai
kegiatan sehari-hari secara lisan berdasarkan gambar
F
Melakukan tanya jawab dalam pair work
F Menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F Memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F Melibatkan peserta didik secara
aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F Memfasilitasi peserta didik
melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membiasakan peserta didik membaca
dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F Memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis;
F Memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F Memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F Memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik
melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F Memfasilitasi peserta didik
melakukan kegiatan yang menumbuhkan
kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Memberikan umpan balik positif
dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik,
F Memberikan konfirmasi terhadap
hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F Memfasilitasi peserta didik
melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F Memfasilitasi peserta didik untuk
memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø Berfungsi sebagai narasumber dan
fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan,
dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø Membantu menyelesaikan masalah;
Ø Memberi acuan agar peserta didik
dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø Memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø Memberikan motivasi kepada
peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
c. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik
dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan
terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak
lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling
dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan
hasil belajar peserta didik;
F menyampaikan rencana pembelajaran
pada pertemuan berikutnya.
5. Sumber
belajar
1. Buku teks yang
relevan: Kaset/CD .
2. Narasumber, Kaset/CD .
3. Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
4. Gambar-gambar yang
relevan
6. Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
Mengungkapkan
berbagai tindak tutur:
1. Menyapa yang
belum/sudah dikenal
2. Memperkenalkan diri
sendiri/orang lain.
3. Memerintah/melarang
|
Unjuk kerja
unjuk kerja
Unjuk kerja
|
Tanya jawab
Bermain peran
Bermain peran
|
1.
Ask and answer your friend based on the picture
2. Perform the dialogue in front of the class!
3.Work
in pairs
A. Give
instructions
B. Does the Instructions and
respond
|
a.
Pedoman
Penilaian
Jumlah skor maksimal keseluruhan 25
Nilai Siswa = skor maksimal x 4
10
b.
Rubrik
Penilaian
Element
|
Score
|
Pronunciation
|
5
|
Delivery
|
10
|
Performance
|
10
|
Excellent
|
10
|
Very good
|
9
|
Good
|
8
|
Average
|
7
|
Poor
|
≤6
|
Standard of
Pronunciation: Standard of Delivery and
Performance:
Excellent
|
5
|
Very good
|
4
|
Good
|
3
|
Average
|
2
|
Poor
|
1
|
Mengetahui;
Kepala
Sekolah ....................
( ....................................................... )
NIP
/NIK :
.....................................
|
........., ....................20.....
Guru Mapel Bahasa Inggris,
( .............................................. )
NIP
/NIK : ..............................
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama sekolah : ..........................
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester :
VII (Tujuh) / 1
Standar Kompetensi : 3. Mengungkapkan makna dalam percakapan
transaksional dan interpersonal sangat
sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar
: 3.2 Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) dengan
menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak
tutur: meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf,
dan mengungkapkan kesantunan
Jenis teks : transaksional dan
interpersonal
Tema : Introductory Chapter dan Family Life
Aspek/Skill : Berbicara
Alokasi Waktu :
4 x 40 menit ( 2x pertemuan )
1.
Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat merespon makna dalam:
a.
Menyampaikan dan menanyakan informasi tentang letak kota, jam, nama depan,
nama belakang, usia, tanggal kelahiran, keluarga, dan hadiah yang disukai
b.
Menyanyikan
lagu
c.
Mengucapkan
terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapkan kesantunan
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Ketulusan ( Honesty
)
2. Materi
Pembelajaran
a.
Communication
Practice (halaman 5, 40, 42, 53, 62)
·
Tanya
jawab meminta informasi letak kota-kota dalam gambar
·
Tanya
jawab meminta informasi nama depan dan belakang antar siswa
·
Tanya
jawab meminta informasi tentang jam
·
Tanya
jawab tentang keluarga berdasarkan gambar
·
Memory
game: tentang umur seseorang dalam gambar
·
Tanya
jawab tentang hadiah ulang tahun yang disukai
b. Grammar Practice (halaman 66, 67)
·
Penjelasan
tentang penggunaan his dan her, latihan
·
Penjelasan
tentang penggunaan him dan her, latihan
c. Recalling Vocabulary (halaman 38, )
·
Tanya
jawab meminta informasi tentang waktu berdasarkan gambar
d. Developing Oral Skills (halaman 68, )
·
Daftar
pertanyaan Mrs King tentang nama-nama hadiah yang diterima orang-orang tertentu
·
Instruksi
soal dan contoh untuk mendiskusikan hadiah-hadiah ulang tahun dalam gambar
3. Metode
Pembelajaran:
three-phase technique
4. Langkah-langkah
Kegiatan
Pertemuan pertama dan kedua.
a.
Kegiatan
Pendahuluan
Apersepsi :
·
Tanya jawab tentang letak kota-kota di Indonesia
·
Tanya jawab tentang keluarga siswa
Motivasi :
·
menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi
siswa
b. Kegiatan
Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melibatkan peserta didik mencari
informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari
dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka
sumber;
F Menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F Memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F Melibatkan peserta didik secara
aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F Memfasilitasi peserta didik
melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membiasakan peserta didik membaca
dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F Memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis;
F Memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F Memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F Memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik
melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F Memfasilitasi peserta didik
melakukan kegiatan yang menumbuhkan
kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Memberikan umpan balik positif
dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik,
F Memberikan konfirmasi terhadap
hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F Memfasilitasi peserta didik
melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F Memfasilitasi peserta didik untuk
memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø Berfungsi sebagai narasumber dan
fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan,
dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø Membantu menyelesaikan masalah;
Ø Memberi acuan agar peserta didik
dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø Memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø Memberikan motivasi kepada
peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
c. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik
dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan
terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak
lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling
dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan
hasil belajar peserta didik;
F menyampaikan rencana pembelajaran
pada pertemuan berikutnya.
5. Sumber
belajar
a.
Buku teks yang relevan:
Kaset/CD .
b.
Narasumber, Kaset/CD .
c.
Script percakapan dan/atau
rekaman percakapan
d.
Gambar-gambar yang relevan
6. Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
Bertanya dan menjawab
tentang :
|
Unjuk Kerja
Unjuk Kerja
Unjuk Kerja
Tes Praktik
|
Tanya jwb
Merespon dg singkat
Bermain
peran
Games(20
Question)
|
1. Ask
and answer questions
to your friends based on the
situation given or picture
2. Respond
to the following
expressions
3.Read the
dialog and
perform it
4. a. Please
guess, what is
there in the box by
asking questions
b.Perform a role play
with
your friend about
asking
and giving
information.
Use the pictures
provided
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar